Pengikut

Senin, 19 Februari 2018

MANUSIA-MANUSIA TERBAIK MENURUT RASULULLAH SAW






MANUSIA-MANUSIA TERBAIK MENURUT RASULULLAH SAW

Para pembaca yang budiman mari kita protret diri kita sendiri, apakah kita sudah termasuk bagian dari manusia-manusia terbaik pilihan rosulullah Saw, atau justru sebaliknya kita menjadi orang yang jauh dari apa yang disampaikan oleh Rosulullah Saw, (manusia terbaik yang mendapatkan jaminan surga allah Swt. jikalau memang kita belum sesuai dengan semua itu mari kita filter manusia terbaik itu diantaranya : 
1. Tidak ingkar melunasi hutang.

 عن أبى هريرة عن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- أنه فقال «خيركم أحسنكم قضاء» متفق عليه

Artinya: Abu Hurairahradhiyallahu 'anhumeriwayatkan: "Kisah Rasulullah shallallahu' alaihi wasallam bersabda: " Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam bayar hutang. " (Muttafaqun 'alaih)

2. Belajar Al-Quran dan mengajarkannya

عن عثمان - رضى الله عنه- عن النبى -صلى الله عليه وسلم- قال «خيركم من تعلم القرآن وعلمه» رواه البخاري

Artinya: "Ustman bin Affanradhiyallahu 'anhu berkata:" Kisah Rasulullah shallallahu' alaihi wasallam bersabda:"Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

3. Orang paling diharapkan kebaikannya dan paling jauh keburukannya.

عن أبى هريرة رضي الله عنه أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- وقف على أناس جلوس فقال «ألا أخبركم بخيركم من شركم». قال فسكتوا فقال ذلك ثلاث مرات فقال رجل بلى يا رسول الله أخبرنا بخيرنا من شرنا. قال «خيركم من يرجى خيره ويؤمن شره ...» رواه الترمذى

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri di hadapan beberapa orang, lalu bersabda: “Maukah kalian aku beritahukan sebaik-baik dan seburuk-buruk orang dari kalian?” Mereka terdiam, dan Nabi bertanya seperti itu tiga kali, lalu ada seorang yang berkata: “Iya, kami mau wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada kami sebaik-baik dan buruk-buruk kami,” beliau bersabda: “Sebaik-sebaik kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan sedangkan keburukannya terjaga…” (HR. Tirmidzi)

4. Menjadi suami yang paling baik terhadap keluarganya.

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى. رواه الترمذى

Artinya: “Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shallallau ‘alaihi wasallam berasabda: “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR. Tirmidzi)

5. Orang faqih (berilmu) yang paling baik akhlaqnya.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- «خَيْرُكُمْ إِسْلاَماً أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقاً إِذَا فَقِهُوا» رواه أحمد

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian islamnya adalah yang paling baik akhlaq jika mereka  faqih (berilmu).” (HR. Ahmad )

6. Orang yang memberikan makanan.

عَنْ حَمْزَةَ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ رضي الله عنه قَالَ: فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ أَطْعَمَ الطَّعَامَ» رواه أحمد

Artinya: “Hamzah bin Shuhaib meriwayatkan dari bapaknya radhiyallahu ‘anhu yang berkata: “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.” (HR. Ahmad )

7. Orang yang panjang umur dan baik perbuatannya.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ رضي الله عنه أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ خَيْرُ النَّاسِ قَالَ «مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ» رواه الترمذى

Artinya: “Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa ada seorang Arab Badui berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia?” beliau menjawab: “Siapa yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.” (HR. Tirmidzi )

8. Orang yang paling bermanfaat bagi manusia

عَنِ جابر، رَضِيَ الله عَنْهُمَا، قَالَ : قال رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم: خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Artinya: “Jabir radhiyallau ‘anhuma bercerita bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri masukan komentar anda